Oleh:Muhammad bin Suud Al-Uraifi
Keadaan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam Di Malam Hari
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling mengetahui
Rabb-nya Azza wa Jalla, orang yang paling bertakwa kepada-Nya dan orang
yang paling dicintai-Nya. Karena itulah beliau selalu memanfaatkan
setiap kesempatan untuk berkhalwat (menyendiri) bersama Kekasihnya
(Allah Subhanahu wa Ta’ala),
beribadah kepada Penciptanya dan bersyukur
kepada Rabb yang telah mengutamakan di atas alam semesta ini dan yang
telah menjadikannya pemimpin para Rasul.
Ketika malam telah tiba dan telah menguraikan penutupnya, beliau
menghadap kepada Rabb yang diibadahi, beliau bermunajat, berdo’a dan
tunduk beribadah kepada-Nya sambil berdiri, duduk maupun sujud hingga
malam hampir saja menjadi terang, sedangkan beliau tidak merasakan
lamanya beribadah, bagaimana dapat beliau merasakan hal itu sedangkan
beliau sedang menyendiri bersama Allah Subhanahu wa Ta’ala, menyendiri
bersama Raja para raja, menyendiri bersama Rabb Yang menguasai alam
langit dan Dia berkuasa atas segala sesuatu, menyendiri bersama
Kekasihnya, bersahabat dengan-Nya dan menghadap kepada-Nya dengan hati,
tubuh dan ruhnya. Ya Allah, berilah kami rizki berupa upaya untuk bisa
beribadah di malam hari dan merasakan nikmatnya beribadah dan melihat
wajah-Mu yang mulia.
‘Abdullah bin Rawahah Radhiyallahu anhu menceritakan tentang keadaan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam harinya:
يَبِيْتُ يُجَافِـي جَنْـبُهُ عَنْ فِـرَاشِهِ إِذَا اسْتَثْقَلَتْ بِالْمُشْرِكِيْنَ الْمَضَاجِعِ
Beliau bermalam sambil merenggangkan lambung dari tempat tidurnya,
ketika tempat-tempat tidur terasa berat bagi orang-orang musyrik.[1]
Gambaran Tentang Kesungguhan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Dalam Beribadah.
Diriwayatkan dari al-Mughirah bin Syu’bah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat hingga kedua telapak kaki
beliau membengkak, lalu ada yang berkata kepada beliau, "Apakah engkau
memaksakan diri untuk ini, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah
memberikan ampunan bagimu atas dosa-mu yang telah lalu dan yang akan
datang?" Beliau menjawab:
أَفَلاَ أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا.
'Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur."[2]
Dan diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, dia berkata, "Jika
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat, beliau
berdiri hingga kedua telapak kaki beliau merekah, lalu ‘Aisyah bertanya,
'Kenapa engkau melakukan semua ini, padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala
telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-dosa-mu yang telah lalu dan
yang akan datang?' Lalu beliau menjawab,
أَفَلاَ أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا.
'Apakah tidak boleh jika aku termasuk hamba yang bersyukur.'"[3]
Dan diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata:
كَانَ رَسُـوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي حَتَّى تَزْلَعَ قَدَمَاهُ، يَعْنِي تَشَقَّقُ قَدَمَاهُ.
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat hingga kedua telapak kakinya merekah."[4]
Ibnu Baththal berkata, "Dan di dalam hadits ini terdapat pelajaran agar
seseorang menjadikan dirinya bersungguh-sungguh dalam beribadah,
sekalipun hal itu membahayakannya, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam melakukan hal itu, padahal beliau telah mengetahui apa yang
telah diberikan kepadanya (yaitu pengampunan dosa yang telah lalu dan
yang akan datang), lalu bagaimana dengan orang yang tidak mengetahui hal
itu, terutama bagi orang yang tidak merasakan aman bahwa dirinya berhak
masuk Neraka."[5]
Di antara gambaran tentang ibadah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam adalah hadits yang diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma,
ia berkata, "Aku pernah kehilangan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
pada satu malam dari tempat tidur, lalu aku mencarinya, lalu kedua
tanganku mengenai kedua telapak kaki beliau, sedangkan beliau tengah
melakukan sujud dan kedua telapak kaki beliau sedang ditegakkan, ketika
itu beliau membaca do’a:
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ
مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُبِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِي ثَـنَاءً عَلَيْكَ،
أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.
'Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari
murka-Mu, dengan pengampunan-Mu dari siksaan-Mu dan aku berlindung
kepada-Mu dari-Mu, aku tidak dapat menghitung sanjungan terhadap-Mu,
sebagaimana Engkau menyanjung-Mu atas diri-Mu.'"[6]
Dan diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma, ia berkata, "Aku
pernah bermalam di rumah bibiku, Maimunah binti al-Harits, istri Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ketika itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, sedang berada bersamanya pada malam (giliran)nya, lalu beliau
melakukan shalat ‘Isya’ (di masjid), kemudian beliau pulang ke rumahnya,
lalu beliau melakukan shalat empat raka’at dan kemudian tidur, kemudian
beliau bangun lalu bersabda, ‘Anak kecil ini telah tidur,’ atau beliau
mengucapkan kata-kata yang serupa, kemudian beliau bangun dan aku pun
bangun di sebelah kirinya, lalu beliau merubah posisiku menjadi di
sebelah kanannya, lalu beliau melakukan shalat lima raka’at, kemudian
melakukan shalat dua raka’at, kemudian tidur hingga aku mendengar
dengkurannya, kemudian beliau keluar untuk melakukan shalat
(Shubuh)."[7]
Dan diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, dia berkata:
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي بَعْدَ الْعِشَاءِ اْلآخِرَةِ إِلَى أَنْ يَنْصَدِعَ الْفَجْرُ.
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan shalat setelah shalat ‘Isya’ hingga fajar menyingsing."[8]
Abu Dzarr Radhiyallahu anhu berkata, "Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
pernah ber-ibadah hingga Shubuh dengan membaca satu ayat, yaitu ayat:
إِن تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِن تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
'Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah
hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya
Engkau-lah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.' [Al-Maa-idah/5:
118]."[9]
Dan diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, dia berkata,
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah tidak ber-puasa selama
satu bulan hingga kami menyangka bahwa beliau memang tidak berpuasa dan
beliau pernah berpuasa hingga kami menyangka bahwa beliau tidak berbuka
sama sekali. Engkau tidak berharap melihat beliau pada malam hari dalam
keadaan shalat melainkan engkau akan melihatnya dan juga dalam keadaan
tidur melainkan engkau akan melihatnya."[10]
Gambaran Tentang Lamanya Berdiri Yang Dilakukan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu memperpanjang berdiri dalam
shalatnya, dan ketika beliau ditanya, "Shalat yang bagaimanakah yang
paling utama?" Beliau menjawab, "Yang lama berdirinya."[11]
Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa beliau menjawab, "Yang lama qunutnya."[12]
Dan diriwayatkan dari Hudzaifah Radhiyallahu anhu, ia berkata, "Aku
pernah melakukan shalat bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
pada suatu malam, lalu beliau kemungkinan akan membukanya dengan
membaca surat al-Baqarah. Aku berkata, 'Beliau membaca seratus ayat,
kemudian beliau ruku’. Tatkala beliau melewatinya, aku berkata, 'Beliau
membacanya dalam dua raka’at.' Tatkala sampai pada kalimat an-naas[13]
saya berkata, Beliau membacanya dalam satu raka’at, tatkala beliau
selesai dari surat ini, beliau membuka dengan membaca surat Ali-'Imran,
lalu ketika beliau melewati bacaan tasbih, takbir, tahlil, penyebutan
Surga dan Neraka, maka beliau berhenti, lalu beliau berdo’a atau memohon
perlindungan kemudian beliau ruku’. Ketika ruku’, beliau membaca:
'Subhaana Rabbiyal ‘azhiim'. Lamanya beliau ruku’ sama dengan lamanya
beliau berdiri atau lebih lama lagi, kemudian beliau membaca,
'Sami’allaahu liman hamidah,' lalu beliau berdiri dalam waktu yang lama,
kemudian beliau sujud. Ketika sujud, beliau membaca, 'Subhaana
Rab-biyal a’la.'"[14]
Dan diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, ia
berkata, "Aku pernah melakukan shalat bersama Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam, beliau memperpanjang (shalatnya) hingga aku
menginginkan sesuatu hal yang buruk. Lalu ada yang bertanya, 'Apa yang
engkau inginkan?' ‘Abdullah menjawab, 'Aku menginginkan agar aku bisa
duduk dan aku meninggalkannya.'"[15]
Dan masih banyak lagi hadits yang diriwayatkan dari beliau yang
menerangkan tentang shalat malam, membaca al-Qur-an dan menghidupkan
malam-malamnya dengan hal-hal tersebut.
Shalawat Allah dan salam-Nya tetap atas beliau.
[Disalin dari kitab "Kaanuu Qaliilan minal Laili maa Yahja’uun" karya
Muhammad bin Su'ud al-‘Uraifi diberi pengantar oleh Syaikh 'Abdullah
al-Jibrin, Edisi Indonesia Panduan Lengkap Shalat Tahajjud, Penerbit
Pustaka Ibnu Katsir]
_______
Footnote
[1]. HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Jumu'ah, bab Fadhli man Ta'aarra minal Laili fa Shallaa, (hadits no. 1155).
[2]. HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Jumu'ah, bab Qiyaamun Nabiy j al-Lail
... (hadits no. 1130), dan Muslim dalam kitab Shifatul Qiyaamah, bab
Iktsaaril A'maal wal Ijtihaad fil ‘Ibaadah (hadits no. 2819).
[3]. HR. Al-Bukhari dalam kitab Tafsiiril Qur-aan, bab Liyagh-fira
lakallaahu maa Taqaddama min dzanbika wa maa Taakh-khara, (hadits no.
4837) dan Muslim dalam kitab Shifatul Qiyaamah bab Iktaaril A'maal wal
Ijtihaad fil 'Ibaadah (hadits no. 2820).
[4]. HR. An-Nasa-i dalam kitab Qiyaamil Lail bab al-Ikhtilaaf 'alaa 'Aisyah fii Ihyaa-il Lail (hadits no. 1645).
[5]. Fat-hul Baari, (III/20).
[6]. HR. Muslim dalam kitab ash-Shalaah, bab Maa Yuqaalu fir Rukuu' was Sujuud, (hadits no. 486).
[7]. Telah lalu takhrijnya.
[8]. HR. Ahmad dalam Musnadnya, (hadits no. 24026).
[9]. HR. An-Nasa-i dalam kitab al-Iftitaah, bab Tardiid Aayah, (hadits
no. 1010), Ibnu Majah dalam kitab Iqaamatish Sha-laah, bab Maa Jaa-a fil
Qiraa-ah fii Shalaatil Lail, (hadits no. 1344) dan Ibnu Khuzaimah dalam
kitab Shahiihnya (I/271). Hadits ini dihukumi shahih oleh ‘Abdul Qadir
al-Arnauth dalam komentarnya atas kitab Zaadul Ma’aad (I/331).
[10]. HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Jumuu'ah, Bab Qiyaamun Nabiy Shallallahu 'alaihi wa sallam bil Lail…, (Hadits no. 1141).
[11]. HR. Ad-Darimi dalam Sunannya, (hadits no. 1424).
[12]. HR. Muslim dalam Shahiihnya dalam kitab Shalaatil Musaa-firiin wa
Qashriha, bab Afdhalish Shalaah Thuulul Qunuut, (hadits no. 756).
[13]. Maksudnya adalah ayat: (QS. Al-Baqarah: 142).
[14]. HR. Abu Dawud dalam kitab ash-Shalaah, bab Maa Yaquulur Rajulu fii
Rukuu'ihi wa Sujuudihi, (hadits no. 874). Hadits ini dihukumi shahih
oleh Syaikh al-Albani dalam kitab al-Misykaah, (hadits no. 1200).
[15]. Telah lalu takhrijnya.
0 komentar:
Posting Komentar